5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga - TEST

Breaking

Minggu, 10 November 2013

5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga

Jakarta - Selain mempercantik tampilan rumah, berkebun juga punya efek positif untuk kesehatan mental. Psikolog klinis Dr. Kathryn Thirlaway menjelaskan, meluangkan waktu untuk mengurus tanaman di halaman rumah bisa mengurangi tingkat stres dan me-recharge kembali stamina secara mental.

"Berada di kebun bisa menjadi media untuk relaksasi, memunculkan rasa tenang dan membantu manajemen stres, termasuk mengurangi stres karena pekerjaan," ujar Dr. Kathryn, seperti dikutip dari Female First.

Berdasarkan hasil studi dari Cardiff University, ada lima yang manfaat yang didapat hanya dengan berkebun selama lima menit. Apa saja?

1. Mengurangi Stres
Taman atau kebun di sekitar rumah bisa menurunkan tingkat stres kurang dari lima menit. Melihat pemandangan yang dipenuhi bunga dan tanaman hijau akan cepat menimbulkan relaksasi pada otak yang tidak akan kita dapat saat menatap hiruk pikuknya perkotaan.

2. Relaks & Tambah Tenaga
Berkebun mengurangi kelelahan dan menimbulkan efek tubuh lebih bertenaga. Berada di dekat alam, meskipun dalam skala kecil memberi stimulasi pada otak untuk lebih relaks dan mengembalikan kembali daya konsentrasi yang sempat hilang karena stres.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Menata tanaman selama lima menit atau melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan alam bisa mengurangi tekanan mental. Selain itu juga membuat Anda berpikir lebih positif terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar Anda.

4. Mengusir Bad Mood
Udara segar yang didapat dengan bertanam bisa membantu melawan rasa lelah dan meningkatkan mood positif. Coba sempatkan untuk olahraga ringan setelah berkebun, karena bisa jadi latihan meditasi yang efektif membantu pengobatan depresi.

5. Lebih Dekat dengan Keluarga
Penelitian menemukan, orang jadi 83 persen lebih mudah berinteraksi sosial dengan lainnya apabila berada di area yang terdapat pepohonan dan rerumputan. Dibandingkan dengan berada di lingkungan yang dipadati gedung-gedung dan kendaraan dengan sedikit tanaman hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar